applelovestory











obyek wisata menarik di pulau lombok

NTB ( Nusa tenggara barat ), berada di wilayah Indonesia bagian tengah besebelahan dengan pulau Bali. Mataram merupakan ibu kota dari NTB dimana terdiri dari dua pulau yaitu pulau Lombok dan Sumbawa. Pulau lombok terdiri dari beberapa kabupaten yaitu kabupaten Lombok Barat, Lombok tengah, lombok timur dan dalam waktu dekat ini akan ada kabupaten lombok Utara. sedangkan pulau sumbawa terdiri dari Kabupaten sumbawa, sumbawa besar, Bima Kota, bima Kabupaten, dan Dompu.

Gambar di atas merupakan pantai senggigi yang jaraknya sekitar 11 km dari bandara selaparang, matram lombok. sembari menikmati pemandangan qta dapat menikmati Jagung bakar yang menghangatkan tubuh…..

Sekitar pantai senggigi banyak terdapat hotel dan beberapa kafe yang cukup terkenal, hotel yang terkenal adalah hotel senggigi, hotel jayakarta, dan hotel santosa….sedangkan kafe yg terkenal yaitu kafe marina,…. d jalan menuju pantai senggigi juga banyak galery mutiara yang merupakan maskot dari kekayaan alam pulau lombok…. seputaran senggigi juga ada tempat religius yang di sebut Pure batu Bolong yg terkadang nampak seekor ular…..

Diposkan oleh obyek wisata menarik di pulau lombok di

http://wisatapulaulombok.blogspot.com/

Eksotis Pendakian Ke Gunung Rinjani di Pulau

Lombok

Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) yang bermarkas di New York, menetapkan tahun 2002 sebagai tahun “Ekowisata, Gunung Berapi Internasional, dan Warisan Budaya”. Tema utama yang diusung itu terasa tepat di tengah maraknya kerusakan lingkungan, yang berakibat buruk bagi kehidupan manusia.

Di Indonesia, Presiden Megawati meresponnya dengan Pencanangan Tahun Ekowisata 2002, yang peresmiannya dilaksanakan di Puncak Selo, Kabupaten Boyolali, tepatnya di celah Gunung Merapi-Merbabu. Gerakan nasional ini mencerminkan kepedulian dunia pariwisata terhadap kelestarian lingkungan.

Secara sederhana, ecotourism atau sering disebut ekowisata merupakan sebuah produk pariwisata yang memanfaatkan aset alam dan lingkungan secara arif dan bijaksana. Sehingga kekayaan serta keanekaragaman hayati bisa lestari dan serasi dengan komunitas manusia di sekelilingnya.

Keputusan pemerintah untuk menggalakkan ekowisata di Indonesia adalah sebuah langkah tepat. Hal ini didasari kenyataan bahwa basis kekuatan pariwisata Indonesia sebenarnya terletak pada anugerah kekayaan alam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

Dengan memiliki 129 gunung berapi atau 13% gunung api di dunia, prospek pengembangan ekowisata di Indonesia bisa dibilang cerah. Sayangnya, hanya sedikit kawasan gunung berapi yang dikelola secara ekowisata yang menghasilkan devisa negara. Selebihnya terbengkalai dan rusak parah akibat kesalahan pengelolaan dan penebangan liar.

Salah satu gunung berapi di Indonesia yang terkenal ke seantero dunia adalah Rinjani. Setiap tahun, tercatat ribuan wisatawan asing dan domestik mendaki gunung berketinggian 3.726 m dpl (dari permukaan laut) ini. Tak pelak lagi, Gunung Rinjani menjadi incaran pencinta petualangan alam bebas.

Terletak di sebelah utara tanah Lombok, Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia. Ketinggian puncaknya hanya terkalahkan oleh Pegunungan Jayawijaya di tanah Papua dan Gunung Kerinci yang berada di tanah Sumatera.

Ada beberapa jalur pendakian yang sering dipakai untuk mendaki Gunung Rinjani. Namun bagi petualang yang pertama kali berkunjung ke Lombok, disarankan memilih jalur Sembalun Lawang. Pos awal pendakian di jalur ini relatif murah dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Dari gerbang pelabuhan laut Lembar, perjalanan menuju terminal bus di Kota Mataram. Di terminal tersedia kendaraan elf jurusan Mataram-Aikmel. Sekira 1 jam perjalanan, sampailah di kawasan Aikmel. Di sini, para petualang disambut kendaraan elf yang langsung menuju pos pendakian Sembalun Lawang.

Selama menempuh perjalanan, kita melewati hutan tropis ditambah atraksi monyet liar di pinggiran jalan. Areal perkebunan kol, cabai dan bawang terbentang luas. Selain itu, tersaji pemandangan ngarai hijau mempesona yang dihuni suku Sasak tradisional, suku asli Pulau Lombok.

Setiba di pos pendakian Sembalun Lawang, para pendaki wajib mendaftarkan diri. Sebelum keberangkatan, petugas jagawana memberikan pesan agar menjaga kebersihan dan menghormati adat istiadat penduduk setempat. Tak lupa diterangkan pula lokasi mata air yang tersembunyi.

Bagi yang membutuhkan, tersedia jasa guide (pemandu) atau porter (tenaga angkut), yang dilengkapi penyewaan peralatan serta perbekalan standar pendakian gunung. Pengelolaan jasa wisata yang melibatkan suku Sasak ini, menerapkan tarif berbeda bagi wisatawan asing dan wisatawan lokal.

Medan pendakian
Tantangan awal yang mesti ditempuh adalah padang sabana yang luas dan berbukit-bukit. Karakteristik alam ini memberikan pengalaman baru bagi petualang yang biasa mendaki pegunungan di tanah Jawa. Biasanya pegunungan di Jawa lebih banyak menyuguhkan hutan homogen dan heterogen.

Tanah tandus berdebu disertai iklim yang menyengat membuat stamina cepat terkuras. Hanya di beberapa tempat terhampar rumut ilalang yang lebat sebagai makanan lezat bagi lembu-lembu gembala. Di tempat tertentu terdapat pos khusus yang bisa digunakan berkemah dengan mata air dan wc darurat.

Sehabis padang sabana, medan perjalanan terasa semakin berat. Tanjakan terjal dengan jurang menganga mulai hadir di antara rimbunan hutan heterogen. Gunung Rinjani bisa dikatakan aman dari ancaman binatang buas. Burung, monyet yang bergelantungan dan ayam hutan yang kerap dijumpai di hutan.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7 jam, sampailah di pelawangan (punggungan gunung) Sembalun Lawang. Lokasi yang ditumbuhi cemara gunung (Casuarina junghuniana) ini merupakan pos pendakian terakhir sebelum menuju puncak.

Pelawangan Sembalun Lawang terletak persis di lereng penyangga Danau Segara Anakan. Walhasil, sembari istirahat, pendaki bisa sepuasnya menyaksikan keeksotisan danau raksasa yang terbentuk secara vulkanik akibat letusan Gunung Rinjani.

Sayangnya cuaca di ketinggian ini sangat mudah berubah. Serangan kabur dingin bisa datang mendadak menggantikan cuaca panas menyengat. Tak jarang angin badai mampu merobek bahkan menerbangkan tenda. Namun, pesona sunrise dan sunset menjadi momen yang tak terlupakan seumur hidup.

Lantas ada dua pilihan: melanjutkan petualangan menuju puncak atau langsung turun ke Danau Segara Anakan. Medan perjalanan menuju puncak berat dan cukup berbahaya. Padang pasir, kawah, dan jurang yang seolah tanpa dasar, akan memaksa berpacunya adrenalin selama 3-5 jam perjalanan.

Sedangkan medan perjalanan menuju Danau Segara Anakancom/wp-content/uploads/2010/05/rinjani-sunrise.jpg”>

Danau Segara Anakan
Bagi suku Sasak, Danau Segara Anakan dianggap tempat sakral yang harus dijaga kesuciannya. Danau berwarna hijau dan biru itu, digunakan pula sebagai tempat ziarah dan peribadatan umat Hindu, Islam Wettu Telu (sinkretisme Isla tak kalah menegangkan. Para pendaki harus lincah menuruni lereng cadas dengan kemiringan berkisar 40-80 derajat. Yang patut diperhatikan ialah resiko reruntuhan batuan yang membahayakan jiwa pendaki.

<a href="http://lombokgilis.m-Hindu) serta kepercayaan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Maka tak perlu heran, bila mencium asap dupa atau menemukan kembang sesaji di sekitar tepian danau. Selain itu, Suku Sasak sangat menghormati tempat persemayaman Dewi Anjani ini, yang dipercaya sebagai penguasa tertinggi alam gaib Gunung Rinjani ini.

Air danau yang berasa kesat, akibat campuran air tawar dan air belerang ini, diyakini sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Percaya atau tidak, nyatanya keadaan ini menyebabkan tumbuhnya kearifan budaya lokal untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari eksploitasi sumber daya alam.

Terlepas dari semua itu, para pendaki akan merasa dimanjakan alam. Untuk melemaskan otot yang tegang, kita bisa berendam air panas seharian di beberapa kolam belerang alami. Walaupun dijadikan tontonan puluhan monyet liar yang bertaring tajam.

Yang paling mengasyikan, tentunya membakar ikan di pinggir danau. Ikan mas, mujair dan harper yang berukuran besar berkembang biak dengan pesat di danau ini. Bila kurang ahli memancing atau sedang apes, kita bisa membeli ikan dari pemancing lokal yang sering muncul di musim liburan.

Di seberang danau terlihat gundukan bukit pasir yang sering mengeluarkan asap putih ke angkasa. Orang-orang menyebutnya sebagai Gunung Baru. Tak banyak keterangan mengenai gunung pasir yang masih aktif tersebut.

Pesona Wisata Pulau Gili Nanggu

GILI NANGGU LOMBOK
Gili Nanggu adalah pulau kecil yang terletak di Lombok Selatan, sekitar 20 menit dari Pelabuhan Lembar dan 15 menit menyeberang dengan perahu motor dari Tawun. Di pulau kecil berterumbu karang dangkal ini tersedia penginapan yang katanya milik perorangan. Pantainya jernih kehijauan. 5 meter dari pantai sudah bisa menikmati terumbu karang dengan ikan hias berwarna-warni berlalu-lalang.Menemukan tempat yang indah dan tenang untuk berlibur kadangkala bisa menjadi hal yang sulit. Tempat dimana kita dapat menikmati keindahan alam sambil berekreasi untuk menghilangkan kepenatan dari kesibukan rutin sehari-hari.

Bagi anda yang senang berwisata bahari, menyelam, berjemur di pantai, atau rileks di tempat yang bernuansa alami, datanglah menginap di Gili Nanggu. Pulau seluas 12,5 Ha di barat Lombok ini dikelola dengan konsep Forest/Virgin Island, sehingga masih memiliki alam yang asri dan alami. Ketenangan dan keasriannya menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat kunjungan rutin banyak tamu mancanegara. Gili Nanggu dijuluki: Paradise Island.

Di pantai berpasir putih dan berombak tenang ini anda dapat beristirahat tanpa khawatir terganggu oleh hiruk pikuk pedagang pantai ,sebab Gili Nanggu adalah pulau pribadi yang hanya dihuni oleh pengelola dan staf.

Pesona alam bawah laut memiliki daya tarik tersendiri dan merupakan salah satu alasan utama banyak tamu yang datang setiap hari untuk bermain di pantai. Hanya turun beberapa meter ke laut maka ikan-ikan jinak yang berwarna-warni akan datang mendekat. Selain itu juga terdapat terumbu karang dan binatang-binatang laut lainnya yang sangat indah.

Kicau merdu burung menjelang matahari terbit dan kesunyian alam saat matahari tenggelam menciptakan suasana sungguh romantis, menjadikan Gili Nanggu sebagai tempat yang cocok bagi pasangan yang berbulan madu.

http://lombokgilis.com/pesona-wisata-pulau-gili-nanggu.html

Hotel Gili Air – Pulau Gili Air di Utara Pulau Lombok

The Gili Air Hotel adalah sebuah resort wisata yang terletak di laut, diatas pulau atol kecil, Di Indonesia, Gili Air pulau kecil berarti air, dan Gili Air merupakan salah satu pulau terindah di dunia, hanya 5 km dari ‘ibu’ pulau Lombok, di Indonesia pusat.

 

Akomodasi
akomodasi yang terdiri dari 30 vila yang khas, yang sebagian besar berada di sepanjang pinggir laut, memberikan pemandangan yang sangat indah atas warna yang luar biasa unik fajar dan matahari terbenam

 

Kenyamanan di Hotel Gili Air
Kami menawarkan tamu kami berbagai layanan, untuk membuat mereka tetap lebih nyaman: kamar dengan AC, televisi satelit, mini bar, kamar mandi pribadi dengan air panas dan dingin, teras kecil dengan kursi-kursi dan meja yg artistik, lebih jauh lagi, Hotel ini satu-satunya hotel di pulau ini yang menawarkan sebuah taman luas.

Restoran:
Restoran di Hotel Gili Air menawarkan berbagai macam menu makanan yg berstandard international mulai dari Makanan khas Lombok, Masakan Indonesia lainnya dan juga masakan china dan eropa, semua tersaji dengan layanan berkelas

Hotel Gili Air terletak paling ujung utara Pulau Gili Air, hotel bintang pertama di Pulau Air, terdiri dari beberapa kamar bungalow serta vila dengan pemandangan laut, taman dan kebun.

Hotel ini dengan mudah dijangkau oleh salah satu alat transportasi di Gili Air yaitu CIDOMO, dari pelabuhan dapat ditempuh hanya kurang lebih 15 menit dengan rata rata tarif satu Cidomo Rp. 50.000 sekali jalan, berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh hotel gili air seperti Kolam Renang, Restoran, penyewaan alat snorkeling, sepeda gayung dll.

 

FASILITAS KAMAR HOTEL GILI AIR
– Ruangan Pendingin                           – teras mini dengan kursi
– TV satellite                                         – Lemari
– Bar Mini

Harga Kamar:
Kamar Standard    : Rp. 450.000/malam                   – Kamar Deluxe    : Rp. 750.000/malam
Kamar Superior    : Rp. 550.000/malam                    – Kamar Luxury     : Rp. 900.000/malam

 



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: